Thursday, October 30, 2008

Mengenai Google Adsense

Kamus Google Adsense
Berikut adalah daftar istilah yang dipakai oleh google yang wajib anda ketahui jika anda ingin mengikuti program google adsense.

Publisher/ penayang
Semua orang yang mempunyai website atau mereka yang menulis blog di internet yang menayangkan iklan google.

Adsense For Content/AdSense untuk Konten
atau iklan untuk konten adalah iklan yang ditampilkan oleh google berdasarkan konten atau isi dari website atau blog anda. Jenis iklan yang termasuk dalam hal ini adalah Ad Unit dan Link Unit.

Ad Unit
Ads unit adalah iklan yang terdiri dari judul iklan, deskripsi dan alamat url. Pembayaran diperoleh langsung setelah pengunjung mengklik bagian judul dan url dari website yang muncul di area iklan. Iklan ini terdapat dua macam yaitu text dan gambar.

Link Unit
Link unit adalah iklan yang biasanya terlihat hanya judul dari iklan, dan setelah iklan ini diklik pengunjung maka iklan ini akan menampilkan beberapa sponsor yang berhubungan dengan judul yang ada di link unit.

Adsense For Search/AdSense untuk Pencarian
adsense for search adalah iklan yang berupa search engine, setelah pengunjung melakukan searching atau pencarian iklan akan ditampilkan diposisi tertentu. Kita baru mendapatkan pendapatan setelah pengunjung mengklik sponsor dari hasil pencarian yang telah dilakukan pada mesin pencari google atas account kita.

Referrals
refferals atau bisa juga disebut merekomendasikan. Artinya kita akan mendapatkan bayaran kalau kita berhasil merekomendasikan barang kepada orang lain dalam hal ini pengunjung website atau blog kita. Sebagai contoh jika kita menyarankan firefox maka kita akan mendapatkan bayaran setelah orang yang kita rekomendasikan mengunakan browser firefox.

Page Impression / Tayangan halaman
Page impression merupakan jumlah keseluruhan munculnya iklan google pada suatu website atau blog.

Clicks/Klik
Jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan google.

Page CTR (Clickthrough Rate)/ RKPT Halaman
Page CTR adalah hasil bagi antara jumlah klik pada iklan (Clicks) dengan jumlah iklan yang tampil (Page impression). Contohnya jumlah klik adalah 20 dan jumlah iklan yang ditampilkan (page impression) sebanyak 40 kali maka Page CTR adalah 50%.

Page eCPM / BPT Efektif
Bagi penayang, BPTe (biaya per seribu tayang efektif) adalah cara yang bermanfaat untuk membandingkan penghasilan di berbagai saluran dan program iklan. BPTe dihitung dengan membagi penghasilan total terhadap jumlah tayangan dalam ribuan. Misalnya, jika penayang memperoleh $180 (atau yang setara dengan mata uang domestik) dari 45.000 tayangan, maka nilai BPTe adalah $180/45, yakni sebesar $4,00 (atau yang setara dengan mata uang domestik). Namun, perlu diketahui bahwa BPTe adalah fitur laporan yang tidak menunjukkan jumlah pembayaran sebenarnya kepada penayang.

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang kita peroleh dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjugn website kita. Nilai dollar dari setiap klik untuk setiap iklan atau setiap format iklan berberda-beda tergantung pada banyak hal salah satunya adalah kategori iklan

Cara mengikuti/mendaftar google andsense cukuplah mudah.Untuk dapat mengikuti google andsense dan berpartisipasi dengan baik, karena jika anda salah dalam langkah awal anda tidak akan mengunakan adsense setup untuk adsense for content dan inilah yang sangat kita butuhkan. Kenapa kok bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan google belum sepenuhnya menerima bahasa indonesia untuk adsense mereka. jika kita melakukan kesalahan maka kita hanya dapat mengikuti program adsense for search saja. Berikut adalah langkah mudah yang dapat anda pakai jika anda hendak mengikuti google adsense :

  1. Mendaftar di blogger
    Anda membutuhkan blogger untuk langkah awal, kecuali anda mempunyai website yang semua atau sebagian besar mengunakan bahasa inggris langkah ini tidak dibutuhkan.
  2. Buatlah beberapa halaman berbahasa inggris
    Anda tidak bisa berbahasa inggris? Cukup mudah, anda cukup copy dari website lain atau anda cari artikel apa aja, dari koran, majalah atau media lainnya. lalu anda tulis ke blog anda dan publish
  3. Daftarkan blog anda
    Anda dapat mendaftar andsense dengan mengunakan blog anda dengan menambahkan page element di blogger di menu dalam menu layout. atau anda dapat mendaftar di www.google.com/adsense dengan mengunakan alamat blog anda di blogger.
  4. Tunggu approve
    Tunggulah beberapa hari hingga account anda di terima oleh google.
  5. Masukkan code adsense
    Setelah account anda diterima oleh google, Masuklah dengan mengunakan account anda. Lalu pilihlah menu adsense for content lalu pilih dan aturlah adsense anda. Lalu dapatkan kode adsense anda dan tempatkan di website anda yang baru
  6. Modifikasi kode adsense
    Lakukan modifikasi kode google sehingga dapat menerima artikel dengan bahasa indonesia.

Nah, segitu saja panduan yang dapat saya berikan, Silahkan mencoba.

Langkah dasar dalam Adsense

Ada bebarapa hal yang harus anda lakukan sebelum mengikuti adsense seperti google adsense. jika di ibaratkan adsense adalah buah dan kita akan menjual buah, yang pertama kali kita lakukan adalah mempunyai tempat menjual buah tersebut.Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan sebelum mengikuti google adsense:

  1. Mempunyai sebuah website.
    Tentu saja ini adalah hal utama yang anda butuhkan untuk bisa mengikuti program adsense. Saat ini banyak sekali cara mendapatkan diantaranya adalah dengan mendapatkan domain gratis, membuat blog atau website yang memberikan halaman gratis seperti geocities dan google pages.

yang harus anda ketahuilah adalah lebih baik anda membeli domain anda sendiri. Kenapa? karena kita tidak bisa mengatur layout atau tata letak kita dengan sesuai dengan keinginan kita, dan tentu saja kita tidak bisa mengoptimalkan dengan maksimal.

  1. Memilih format adsense
    Memillih format adsense sangatlah kritis, karena format yang salah akan membuat website anda tampak kacau dan menyulitkan penggunjung anda. usahakan memilih ukuran yang sesuai dengan layout website anda.
  2. Pemilihan warna adsense
    Pemilihan ini sangat penting mengingat pengunjung kita sangatlah menghindari link sponsor jadi buatlah warna link dan keterangan mirip dengan warna website kita
Ok selamat mencoba, semoga kita berhasil mendapatkan cek secara rutin kalo bisa tiap minggu.

0 comments: